Selamat Datang di Portal Pendidikan

SEJARAH KELAHIRAN IPNU DAN IPPNU

SEJARAH KELAHIRAN IPNU DAN IPPNU
*Ketika NU dilahirkan pada tahun 1926 adalah sebagai reaksi spontan terjadinya penyimpangan ajaran ahlussunnah wal jama'ah di dalam negeri dan dunia internasional, hal ini mendapat sambutan dan dukungan luar biasa dari berbagai komunitas, baik tua maupun muda, terpelajar maupun awam. terbukti dengan munculnya berbagai organisasi pelajar dan santri di berbagai pelosok negeri, tahun1936 di surabaya berdiri Tsamrotul mustafidin dan PERSANO (Persatuan Nahdlatul Oelama) di malang pada tahun 1941 berdiri PAMNO (Persatuan Anak Murid Nahdlatul Oelama), dan tahun 1945 berdiri Ikatan Murid Nahdlatul Oelama(IMNO), dan masih banyak organisasi yang bermuatan lokal.

*Pergerakan tumbuhnya organisasi tersebut nampak menggeliat pada tahun lima puluhan, dengan berdirinya beberapa organisasi pelajar di tingkat lokal seperti IKSIMNO(Ikatan Siswa Mubalighin Nahdlatul Oelama) tahun 1952 di semarang, PERSENO(Persatuan Pelajar Nahdlatul Oelama) 13 juni 1953 di kediri, IPINO(Ikatan Pelajar Islam Nahdlatul Oelama) 27 Desember 1953 di surakarta, dll

*Meskipun pendiri berbagai organisasi lokal tersebut atas inisiatif dan kreatifitas sendiri namun pada dasarnya mereka, berpijak pada satu keyakinan untuk menegakkan Dien Al Islam Ahlussunah Wal Jama'ah. kesamaan itulah yang kemudian mendorong didirikannya organisasi pelajar dan santri di tingkat nasional.

*Tanggal 20 Jumadil Akhir 1373 H bertepatan dengan tanggal 24 Pebruari 1954 M, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama(IPNU) secara resmi di bentuk, melalui persidanga Konbes Ma'arif NU pelopornya antara lain: M. Sofyan, Cholil, Mustahal, Achamad Masjhub dan A. Ghani Farida M. Uda, sebagai ketua umum di sepakati Mochamad Tolchah Mansur.

*Tanggal 28 Pebruari 1955 IPNU melaksanakan Kongres yang pertama di Malang Jawa Timur. Dalam forum ini di undang beberapa tokoh pelajar, santri, dan mahasiswi putri. Dari sinilah muncul gagasan untuk mendirikan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama(IPPNU). Tanggal 8 Rajab 1374 H / 2 Maret 1955 M IPPNU secara resmi di dirikan di solo, dan di pilih Umroh Mahfudhoh sebagai ketua umumnya.

*Status organisasi IPNU danIPPNU semula menjadi anak asuh LP. Ma'arif NU dan sejak tanggal 30 Agustus 1960 (Kongres IPNU VI dan IPPNU V). Status keduanya menjadi salah satu badan otonom NU yang tercantum dalam AD NU Pasal 13 ayat 4.
Share this post :

1 komentar:

PAPAN PENGUMUMAN

Statistik Blog

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. IPNU IPPNU PASURUHAN LOR - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger