Beliau ialah al-Imam
al-‘Allamah al-Hafiz Syihabuddin Abul Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad
bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Hajar, al-Kinani, al-‘Asqalani,
asy-Syafi’i, al-Mishri. Kemudian dikenal dengan nama Ibnu Hajar, dan
gelarnya “al-Hafiz”. Adapun penyebutan ‘Asqalani adalah nisbat kepada
‘Asqalan’, sebuah kota yang masuk dalam wilayah Palestin, dekat Ghuzzah
(Jalur Gaza).
Beliau
lahir di Mesir pada bulan Syaaban 773 H, namun tanggal kelahirannya
diperselisihkan. Beliau tumbuh di sana dan termasuk anak yatim piatu,
kerana ibunya wafat ketika beliau masih bayi, kemudian bapanya menyusul
wafat ketika beliau masih kanak-kanak berumur empat tahun.
Ketika wafat, bapanya berwasiat kepada dua orang ‘alim untuk mengasuh Ibnu Hajar yang masih bocah itu. Dua orang itu ialah Zakiyuddin al Kharrubi dan Syamsuddin Ibnul Qaththan al Mishri.
Perjalanan Ilmiah
Perjalanan
hidup al-Hafih sangatlah berkesan. Meski yatim piatu, semenjak kecil
beliau memiliki semangat yang tinggi untuk belajar. Beliau masuk kuttab
(semacam Taman Pendidikan al Qur’an) setelah genap berusia lima tahun.
Hafal al Qur’an ketika genap berusia sembilan tahun. Di samping itu,
pada masa kecilnya, beliau menghafal kitab-kitab ilmu yang ringkas,
sepeti al ‘Umdah, al Hawi ash Shagir, Mukhtashar Ibnu Hajib dan
Milhatul I’rab.
Semangat
dalam menggali ilmu, beliau tunjukkan dengan tidak mencukupkan mencari
ilmu di Mesir saja, tetapi beliau melakukan rihlah (perjalanan) ke
banyak negeri. Semua itu dikunjungi untuk menimba ilmu. Negeri-negeri
yang pernah beliau singgahi dan tinggal disana, di antaranya:
1. Dua tanah haram, yaitu Makkah dan Madinah. Beliau tinggal di Makkah al Mukarramah dan
shalat Tarawih di Masjidil Haram pada tahun 785 H. Yaitu pada umur 12
tahun. Beliau mendengarkan Shahih Bukhari di Makkah dari Syaikh al
Muhaddits (ahli hadits) ‘Afifuddin an-Naisaburi (an-Nasyawari) kemudian
al-Makki Rahimahullah. Dan Ibnu Hajar berulang kali pergi ke Makkah
untuk melakukah haji dan umrah.
2.
Dimasyq (Damaskus). Di negeri ini, beliau bertemu dengan murid-murid
ahli sejarah dari kota Syam, Ibu ‘Asakir Rahimahullah. Dan beliau
menimba ilmu dari Ibnu Mulaqqin dan al-Bulqini.
3.
Baitul Maqdis, dan banyak kota-kota di Palestina, seperti Nablus,
Khalil, Ramlah dan Ghuzzah. Beliau bertemu dengan para ulama di
tempat-tempat tersebut dan mengambil manfaat.
4. Shana’ dan beberapa kota di Yaman dan menimba ilmu dari mereka.
Semua ini, dilakukan oleh al Hafizh untuk menimba ilmu, dan mengambil ilmu langsung dari
ulama-ulama besar. Dari sini kita bisa mengerti, bahwa guru-guru al
Hafizh Ibnu Hajar al ‘Asqlani sangat banyak, dan merupakan ulama-ulama
yang masyhur. Bisa dicatat, seperti: ‘Afifuddin an-Naisaburi
(an-Nasyawari) kemudian al-Makki (wafat 790 H), Muhammad bin ‘Abdullah
bin Zhahirah al Makki (wafat 717 H), Abul Hasan al Haitsami (wafat 807
H), Ibnul Mulaqqin (wafat 804 H), Sirajuddin al Bulqini Rahimahullah
(wafat 805 H) dan beliaulah yang pertama kali mengizinkan al Hafizh
mengajar dan berfatwa. Kemudian juga, Abul-Fadhl al ‘Iraqi (wafat 806
H) –beliaulah yang menjuluki Ibnu Hajar dengan sebutan al Hafizh,
mengagungkannya dan mempersaksikan bahwa Ibnu Hajar adalah muridnya
yang paling pandai dalam bidang hadits-, ‘Abdurrahim bin Razin
Rahimahullah –dari beliau ini al Hafizh mendengarkan shahih al
Bukhari-, al ‘Izz bin Jama’ah Rahimahullah, dan beliau banyak menimba
ilmu darinya. Tercatat juga al Hummam al Khawarizmi Rahimahullah. Dalam
mengambil ilmu-ilmu bahasa arab, al Hafizh belajar kepada al Fairuz
Abadi Rahimahullah, penyusun kitab al Qamus (al Muhith-red), juga
kepada Ahmad bin Abdurrahman Rahimahullah. Untuk masalah Qira’atus-sab’
(tujuh macam bacaan al Qur’an), beliau belajar kepada al Burhan
at-Tanukhi Rahimahullah, dan lain-lain, yang jumlahnya mencapai 500
guru dalam berbagai cabang ilmu, khususnya fiqih dan hadits.
Jadi,
al Hafizh Ibnu Hajar al Asqalani mengambil ilmu dari para imam pada
zamannya di kota Mesir, dan melakukakan rihlah (perjalanan) ke
negeri-negeri lain untuk menimba ilmu, sebagaimana kebiasaan para ahli
hadits.
Layaknya
sebagai seorang ‘alim yang luas ilmunya, maka beliau juga kedatangan
para thalibul ‘ilmi (para penuntut ilmu, murid-red) dari berbagai
penjuru yang ingin mengambil ilmu dari beliau, sehingga banyak sekali
murid beliau. Bahkan tokoh-tokoh ulama dari berbagai madzhab adalah
murid-murid beliau. Yang termasyhur misalnya, Imam ash-shakhawi (wafat
902 H), yang merupakan murid khusus al Hafizh dan penyebar ilmunya,
kemudian al Biqa’i (wafat 885 H), Zakaria al-Anshari (wafat 926 H),
Ibnu Qadhi Syuhbah (wafat 874 H), Ibnu Taghri Bardi (wafat 874 H), Ibnu
Fahd al-Makki (wafat 871 H), dan masih banyak lagi yang lainnya.
Karya-Karyanya
Kepakaran
al-Hafiz Ibnu Hajar sangat terbukti. Beliau mulai menulis pada usia 23
tahun, dan terus berlanjut sampai mendekati ajalnya. Beliau mendapatkan
kurnia Allah Ta’ala di dalam karya-karyanya, yaitu
keistimewaan-keistimewaan yang jarang didapati pada orang lain. Oleh
karena itu, karya-karya beliau banyak diterima umat islam dan tersebar
luas, semenjak beliau masih hidup. Para raja dan amir biasa saling
memberikan hadiah dengan kitab-kitab Ibnu hajar Rahimahullah. Bahkan
sampai sekarang, kita dapati banyak peneliti dan penulis bersandar pada
karya-karya beliau Rahimahullah.
Di
antara karya beliau yang terkenal ialah: Fathul Bari Syarah Sahih
Bukhari, Bulughul Maram min Adillatil Ahkam, al-Ishabah fi Tamyizish
Shahabah, Tahdzibut Tahdzib, ad-Durarul Kaminah, Taghliqut Ta’liq,
Inbaul Ghumr bi Anbail Umr dan lain-lain.
Bahkan
menurut muridnya, iaitu Imam asy-Syakhawi, karya beliau mencapai lebih
dari 270 kitab. Sebagian peneliti pada zaman ini menghitungnya, dan
mendapatkan sampai 282 kitab. Kebanyakan berkaitan dengan pembahasan
hadits, secara riwayat dan dirayat (kajian).
Sifat Peribadinya dan Memikul Tugas Sebagai Hakim
Beliau
terkenal memiliki sifat tawadhu’, tahan emosi, sabar, dan agung. Juga
dikenal banyak beribadah, solat malam, puasa sunat dan lainnya. Selain
itu, beliau juga dikenal dengan sifat wara’ (kehati-hatian), dermawan,
suka mengalah dan memiliki adab yang baik kepada para ulama pada zaman
dahulu dan yang kemudian, serta terhadap orang-orang yang bergaul
dengan beliau, baik tua maupun muda. Dengan sifat-sifat yang beliau
miliki, tak heran jika perjalanan hidupnya beliau ditawari untuk
menjabat sebagai hakim.
Sebagai
contohya, ada seorang hakim yang bernama Ashadr al Munawi, menawarkan
kepada al-Hafiz untuk menjadi wakilnya, namun beliau menolaknya, bahkan
bertekad untuk tidak menjabat di kehakiman. Kemudian, Sultan al-Muayyad
Rahimahullah menyerahkan kehakiman dalam perkara yang khusus kepada
Ibnu Hajar Rahimahullah. Demikian juga hakim Jalaluddin al-Bulqani
Rahimahullah mendesaknya agar mahu menjadi wakilnya. Sultan juga
menawarkan kepada beliau untuk memangku jabatan Hakim Agung di negeri
Mesir pada tahun 827 H. Waktu itu beliau menerima, tetapi pada akhirnya
menyesalinya, karena para pejabat negara tidak mau membedakan antara
orang shalih dengan lainnya. Para pejabat negara juga suka mengecam
apabila keinginan mereka ditolak, walaupun menyelisihi kebenaran.
Bahkan mereka memusuhi orang karena itu. Maka seorang hakim harus
berbasa-basi dengan banyak fihak sehingga sangat menyulitkan untuk
menegakkan keadilan.
Setelah satu tahun, yaitu tanggal 7 atau 8 Dzulqa’idah 828 H, akhirnya beliau mengundurkan diri.
Pada
tahun ini pula, Sulthan memintanya lagi dengan sangat, agar beliau
menerima jabatan sebagai hakim kembali. Sehingga al Hafizh memandang,
jika hal tersebut wajib bagi beliau, yang kemudian beliau menerima
jabatan tersebut tanggal 2 rajab. Masyarakatpun sangat bergembira,
karena memang mereka sangat mencintai beliau. Kekuasaan beliau pun
ditambah, yaitu diserahkannya kehakiman kota Syam kepada beliau pada
tahun 833 H.
Jabatan
sebagai hakim, beliau jalani pasang surut. Terkadang beliau memangku
jabatan hakim itu, dan terkadang meninggalkannya. Ini berulang sampai
tujuh kali. Penyebabnya, karena banyaknya fitnah, keributan, fanatisme
dan hawa nafsu.
Jika
dihitung, total jabatan kehakiman beliau mencapai 21 tahun. Semenjak
menjabat hakim Agung. Terakhir kali beliau memegang jabatan hakim,
yaitu pada tanggal 8 Rabi’uts Tsani 852 H, tahun beliau wafat.
Selain kehakiman, beliau juga memilki tugas-tugas:
- Berkhutbah di Masjid Jami’ al Azhar.
- Berkhutbah di Masjid Jami’ ‘Amr bin al Ash di Kairo.
- Jabatan memberi fatwa di Gedung Pengadilan.
Di
tengah-tengah mengemban tugasnya, beliau tetap tekun dalam samudra
ilmu, seperti mengkaji dan meneliti hadits-hadits, membacanya,
membacakan kepada umat, menyusun kitab-kitab, mengajar tafsir, hadits,
fiqih dan ceramah di berbagai tempat, juga mendiktekan dengan
hafalannya. Beliau mengajar sampai 20 madrasah. Banyak orang-orang
utama dan tokoh-tokoh ulama yang mendatanginya dan mengambil ilmu
darinya.
Kedudukan Ibnu Hajar Rahimahullah
Ibnu
Hajar Rahimahullah menjadi salah satu ulama kebanggaan umat, salah satu
tokoh dari kalangan ulama, salah satu pemimpin ilmu. Allah Ta’ala
memberikan manfaat dengan ilmu yang beliau miliki, sehingga lahirlah
murid-murid besar dan disusunnya kitab-kitab.
Seandainya
kitab beliau hanya Fathul Bari, cukuplah untuk meninggikan dan
menunjukkan keagungan kedudukan beliau. Karena kitab ini benar-benar
merupakan kamus Sunnah Nabi Shallallahu ‘alaii wasallam. Sedangkan
karya beliau berjumlah lebih dari 150 kitab.
Adapun
riwayat ringkas ini, sama sekali belum memenuhi hak beliau. Belum
menampakkan keistimewaan-keistimewaan beliau, dan belum menonjolkan
keutamaan-keutamaan beliau. Banyak para ulama telah menyusun riwayat
hidup al Hafizh secara luas. Di antara yang terbaik, yaitu tulisan
murid beliau, al ‘Allamah as-Sakhawi, dalam kitabnya, al Jawahir wad
Durar fi Tarjamati al Hafizh Ibnu hajar.
Dan
setelah ini semua, beliau –semoga Allah memaafkannya- memiliki aqidah
yang tercampur dengan Asy’ariyah. Sehingga beliau Rahimahullah termasuk
ulama yang menta’wilkan sifat-sifat Allah, yang terkadang dengan
ketidak-pastian. Ini menyelisihi jalan salafush Shalih.*
Walaupun
demikian, kita sama sekali tidak boleh menjadikan kesalahan-kesalahan
ini sebagai alat untuk mencela dan merendahkan kedudukan al Hafizh.
Karena jalan yang beliau tempuh adalah jalan Sunnah, bukan jalan
bid’ah. Beliau membela Sunnah, menetapkan masalah-masalah berdasarkan
dalil. Sehingga beliau tidak dimasukkan kepada golongan ahli bid’ah
yang menyelisihi Salaf. Banyak ulama dahulu dan sekarang memuji Ibnu
Hajar Rahimahullah, dan memegangi perkataan beliau yang mencocoki
kebenaran, dan ini sangat baik. Adapun mengenai kesalahannya, maka
ditinggalkan.
Syeikh
al-Albani Rahimahullah mengatakan, Adalah merupakan kedzaliman jika
mengatakan mereka (yaitu an-Nawawi dan Ibnu Hajar al ‘Asqalani) dan
orang-orang semacam mereka termasuk ke dalam golongan ahli bid’ah.
Menurut Syaikh al Albani, meskipun keduanya beraqidah Asy’ariyyah,
tetapi mereka tidak sengaja menyelisihi al Kitab dan as Sunnah.
Anggapan mereka, aqidah Asy’ariyyah yang mereka warisi itu adalah dua
hal: Pertama, bahwa Imam al Asy’ari mengatakannya, padahal beliau tidak
mengatakannya, kecuali pada masa sebelumnya, (lalu beliau tinggalkan
dan menuju aqidah Salaf, Red). Kedua, mereka menyangka sebagai
kebenaran, padahal tidak.**
Wafatnya
Ibnu
Hajar wafat pada 28 Zulhijjah 852 H di Mesir, setelah kehidupannya
dipenuhi dengan ilmu nafi’ (yang bermanfaat) dan amal soleh. Beliau
dikuburkan di Qarafah ash-Shugra. Semoga Allah merahmati beliau dengan
rahmat yang luas, memaafkan dan mengampuninya dengan kurnia dan
kemurahanNya.
Demikian
perjalanan singkat al-Hafiz Ibnu Hajar al-‘Asqalani. Semoga kita dapat
mengambil manfaat, kemudian memotivasi kita untuk selalu menggali ilmu
dan beramal soleh. Wallahua’lam.
Catatan Kaki:
*).
Dapat diketahui dari pandangan Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz terhadap
juz-juz awal kitab Fathul Bari. Demikian juga beberapa kesalahan
berkaitan dengan aqidah yang di beri komentar oleh Syaikh Ali bin
‘Abdul ‘Aziz bin Ali asy-Syibl yang melanjutkan komentar Syaikh ‘Abdul
Aziz bin Baaz. Komentar-komentar ini telah dibukukan dalam kitab
at-Tanbih ‘alal Mukhalafat al ‘Aqidah fi Fathil Bari.
**).
Kaset Man Huwa al Kafir wa Man Huwa al Mubtadi’? Dinukil dari catatam
kaki kitab al Ajwibah al Mufidah min As’ilah al manahij al Jadidah, hal
221; Fatwa-fatwa Syaikh Shalih al fauzan yang dikumpulkan oleh Jamal
bin Furaihan al Haritsi.
Sumber:
Majalah As-Sunnah Edisi 11/X/1428 H/2007 M dengan sedikit perubahan
http://www.alsofwah.or.id/index.php?pilih=lihattokoh&id=110
Posting Komentar