Selamat Datang di Portal Pendidikan

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA NU



Secara formal NU lahir Tanggal 16 Rajab 1344 H bertepatan dengan Tanggal 31 januari 1926 M di Surabaya. Namun pada hakekat nya ajaran yang di anut dan di perjuangkan oleh NU ini telah bersamaan dengan masuknya agama Islam di Indonesia.
Jika KH. Hasyim Asy’ari di katakan sebagai pandiri NU, maka KH. Abdul Wahab Hasbullah adalah sebagai orang yang mewujudkan gerakan tersebut menjadi suatu organisasi. Sepulang dari belajar di Makkah, KH. Abdul Wahab Hasbullah mendirikan Nahdlatul Wathon (1916) di Surabaya. Organisasi ini bergerak pada bidang kepemudaan dan pada tahun 1924 di Surabaya sedang bergejolak perjuangan politik melawa Belanda, di samping itu di sana sini sedang membaranya masalah Khilafiyah dikalangan umat KH. Abdul Wahab Hasbullah sering terlibat dalam perdebatan sengit dalam ulama islam yang terkenal pada waktu itu untuk mencapai titik penyelesaiannya.
Sehubungan dengan pergolakan di Arab Saudi, Maka KH. Abdul Wahab Hasbullah membentuk komite Hijaz inilah yang merupakan delegasi untuk menghadap raja Ibnu Sa’ud guna membicarakan masalah tersebut. Komite Hijaz inilah yang mengilhami berdirinya NU karena pertemuan yang di adakan pada Tanggal 16 Rajab 1344 itu memutuskan dua macam keputusan :
  1. Mengrim utusan ulama Indonesia ke Konggres dunia memperjuangkan hukum ibadah berdasarkan madzhab empat.
  2. Membentuk organisasi (Jami’yyah) yang akan mengirimkan utusan tersebut atas uasul KH. Alwi Abdul aziz yang di beri nama Jam’iyyah Nahdlatul Ulama.
Adapun nama ulama yang hadir pada waktu itu antara lain :
1. KH. Hasyim Asy’ari : Jombang
2. KH. Basyir Samsyuri : Jombang
3. KH. Ridlwan : Semarang
4. KH. Abdul Wahab Hasbullah : Surabaya
5. KH. Nahrowi : Malang
6. KH. Raden Asnawi : Kudus
7. KH. Raden Hambali : Kudus
8. KH. Nawawi : Pasuruan
9. KH. Kholil : Bangkalan
Share this post :

1 komentar:

PAPAN PENGUMUMAN

Statistik Blog

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. IPNU IPPNU PASURUHAN LOR - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger