Selamat Datang di Portal Pendidikan

Aturan dan Niat Puasa Hari Arafah 9 Dzulhijjah

Puasa di hari arafah adalah puasa yang hukumnya sunnah, puasa sunnah adalah puasa yang jika dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa. Melaksanakan puasa arafah adalah pada tanggal 9 Dzulhijjah tepat dengan pelaksanaak wukuf di arafah untuk orang yang sedang melaksanakan ibadah haji.
Melaksanakan puasa arafah sangat dianjurkan oleh rasululloh, karena mengandung pahala yang sangat besar jika kita melaksanakannnya. Seperti yang dikatakan oleh rasululloh yang berbunyi :

صَوْمُ يَوْمِ عَرْفَة يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَة ً وَمُسْتَقْبَلَة ً (رواه مسلم)

Artinya : Puasa hari arafah itu menghapuskan dosa dua tahun, satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang.
Hadist Tentang Puasa Arafah

Melaksanakan Puasa Arafah

Melaksanakan puasa arafah sama saja dengan melaksanakan puasa lainnya, perbedaanya hanya pada niat saja. Berikut ini adalah niat puasa hari arafah :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ عَرْفَة لله تَعَالىَ

“saya niat puasa pada hari arafah karena alloh ta’ala”
Niat Puasa Arafah
Puasa hari arafah hukumnya sunnah, jadi melaksanakan niatnya tidak perlu pada malam hari, tapi boleh juga pada siang hari asalkan sebelum waktu dzuhur atau sebelum tergelincirnya matahari.
Baiklah, itulah ketentuan, keutamaan, dan aturan niat puasa hari arafah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa, para pembaca blog yang budiman, juga ikut melaksanakan Puasa hari Arafah.
Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

Statistik Blog

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. IPNU IPPNU PASURUHAN LOR - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger